Makanan Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi

Makanan yang baik untuk penderita nyeri sendi merupakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi dan makanan yang dapat mencegah terjadinya inflamasi atau peradangan. Selain makanan tersebut, ada banyak makanan lainnya yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita nyeri sendi. Tapi sebelum saya jauh membahas Makanan Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi, izinkan saya untuk membahas terlebih dahulu tentang seputar pengertian persendian dan penyakit penyakit yang menyerang persendian. Ini sangat penting, jadi anda selain mengetahui Makanan Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi anda juga memiliki wawasan tentang penyakit penyakit sendi.makanan yang baik untuk penderita nyeri sendi

Pengertian sendi adalah bagian tubuh yang berfungsi sebagai penghubung antar tulang sehingga tulang-tulang penyusun tubuh dapat saling bersatu dan dapat digerakan. Dalam dunia kedokteran penyakit nyeri sendi ini disebut sebagai Arthritis atau peradangan pada sendi. Penyakit yang menyerang persendian ini sangat banyak macamnya. Sebagai contoh ada yang namanya Dislokasi Sendi atau dalam bahasa kita nya Cedera Sendi, Keseleo atau terkilir, Asam Urat, Reumatik, dan lain sebagainya.

Namun secara umum dan secara garis besar, penyakit-penyakit yang menyerang persendian dapat dirangkum menjadi beberapa kelompok saja. Beberapa penyakit yang akan saya bahas adalah penyakit persendian yang paling sering dijumpai. Faktor nyeri sendi seperti karena keseleo atau cedera tidak masuk dalam daftar pembahasan saya karena penyakit tersebut merupakan penyakit yang berasal dari luar, artinya bukan karena banyak sebab. Seperti keseleo yang disebabkan karena kesalahan dalam berjalan.

Tiga Penyakit Nyeri Sendi Yang Sering Dijumpai

Tiga penyakit sendi ini sering ditemui bahkan mungkin anda juga sedang mengalaminya. Penyakit nyeri sendi seperti Asam Urat, Keropos Sendi, dan Reumatik adalah menjadi sorotan utama saya. Agar lebih jelasnya, simak pembahasan saya berikut ini:

1. Penyakit Asam Urat

Penyakit Nyeri Sendi Asam Urat atau dikenal sebagai GOUT Adalah suatu keadaan dimana keberadaan zat asam urat dalam tubuh sangat berlebihan. Asam urat dalam tubuh berasal dari zat yang bernama Purin. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam semua tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin berpindah ke dalam tubuh kita. Normalnya, asam urat yang dihasilkan oleh tubuh akan dikeluarkan melalui urine. Akan tetapi karena Asam urat yang berlebihan di dalam tubuh, ginjal tidak mampu mengeluarkannya sehingga kristal asam urat terbawa oleh darah dan menumpuk di persendian. Akibatnya sendi mengalami penumpukan kristal asam urat. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, ini dikarenakan penumpukan bahan purin yang diperoleh oleh orang berusia lanjut sangat banyak (diatas normal). Intinya semakin bertambah usia seseorang maka akan lebih besar beresiko asam urat.

  • Penyebab Penyakit Asam Urat
    Asam urat yang terjadi pada persendian akan menimblkan rasa sakit dan pembengkakan. Ini disebabkan oleh tusukan dari kristal-kristal. kristal ini merupakan tumpukan asam urat yang tertampung di persendian. Penyebab utamanya yaitu terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat purin, contohnya seperti jeroan, hidangan laut, dan daging merah. Penderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik kemungkinan beresiko lebih besar terhadap penyakit sendi ini. Selain itu, faktor genetik juga diduga menjadi salah satu penyebab terkena asam urat.
  • Gejala-Gejala Penyakit Asam Urat
    Nyeri sendi ketika digerakan adalah salah satu gejala dari asam urat. Sendi akan membengkak dan sedikit memerah dan juga disertai rasa panas. Salah satu sendi yang rawan terkena asam urat adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Dalam tingkatan kronis, asam urat akan membentuk benjolan keras (tofi) di sekitar area yang mengalami radang.

2. Keropos Sendi atau Osteoartritis
Osteoartritis adalah penyakit radang sendi yang bersifat kronis dan disertai dengan kerusakan tulang rawan sendi atau tulang rawan pecah, inflamasi ringan terjadi karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi. Osteoartritis terdiri dari osteoartritis primer atau penyakit degeneratif sendi, dan Osteoartritis sekunder yang disebabkan oleh trauma tropisme atau cedera. penyakit sendi Osteoartritis hampir 70 persen menyerang manula yang berusia lebih dari 70 tahun keatas.

  • Penyebab Osteoartritis: kegemukan, usia yang telah lanjut, faktor genetik, traumatik.
  • Gejala-gejala Osteoartritis : Persendian terasa kaku dan nyeri apabila digerakkan, pembengkakan pada area sendi, Kesulitan saat beraktivitas menggunakan persendian, bunyi pada setiap persendian yang tidak disertai dengan rasa nyeri, merasa tidak nyaman saat menggerakan sendi, perubahan bentuk tulang, perubahan bentuk pada tulang dan meradang disertai rasa sakit yang amat sangat.

3. Rematik (Rheumatoid Arthritis.)

Rematik merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh gangguan sistem imun atau pertahanan tubuh sehingga menyerang sendi tubuh itu sendiri. Ketika sendi-sendi diserang oleh sistem imun maka terjadilah peradangan dan kerusakan pada sendi sehingga menimbulkan berbagai gejala rematik seperti nyeri sendi, sendi menjadi kaku, dan pembengkakan. Rematik merupakan penyakit yang disebabkan oleh gangguan autoimun tubuh sehingga dapat menyerang siapa saja, tidak memandag ras dan kelompok umur tertentu. Rematik juga bukan merupakan penyakit keturunan.

  • Gejala rematik
    Nyeri sendi dan kekakuan sendi yang memburuk pada pagi hari setelah bangun tidur dan setelah duduk lama dan gejalanya cenderung hilang timbul. gejala lainnya bisa berupa bisul kaki, baal dan kesemutan, sesak, nodul kulit, kelemahan dan demam. Sendi juga dapat memerah, bengkak, bahkan berubah bentuk dan terasa hangat. Perubahan bentuk dapat berupa bengkok sendi, perubahan bentuk ini biasanya terjadi di tangan dan kaki. Ada rumor yang unik seputar penyakit rematik. Konon katanya kalau kita mandi tengah malam maka di masa tua kita akan terserang penyakit rematik. Pernyataan tersebut tidaklah benar, karena mandi tengah malam tidak dapat menyebabkan rematik.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi

Bagi mereka yang telah berusia lanjut kerap sering mengalami nyeri sendi. Baik itu berupa nyeri sendi asam urat atau nyeri sendi yang lainnya ini sama sekali sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain mengobati sendi yang sakit dengan obat-obatan, Para Penderita nyeri sendi juga wajib menjaga makanan yang dikonsumsinya. Terlebih untuk mereka yang mengalami nyeri sendi asam urat. Makanan-makanan yang mengandung banyak zat purin harus dihindari. Lalu apa saja Makanan Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi?

1. Perbanyak Makanan Yang Mengandung Lemak Baik

Makanan yang mengandung lemak baik seperti asam lemak omega-3 memiliki efek anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi peradangan pada sendi. Penderita nyeri sendi harus banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik. Diantara beberapa makanan yang mengandung lemak baik omega 3 adalah:

  • Sayuran yang memiliki warna daun hijau gelap seperti bayam, kale, dan kubis.
  • Makanan kemasan yang sudah ditambahkan dengan komposisi omega 3 seperti: susu, roti, sereal.
  • Jenis ikan seperti salmon, sarden, haring, makarel, trout danau, tuna albacore adalah sumber yang baik untuk mendapatkan asam lemak omega-3.
  • Telur. Selain sumber protein telur juga mengandung lemak baik.

2. Mengkonsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Antioksidan merupakan suatu zat yang dapat menghambat, menunda, mencegah atau memperlambat perberkembangan radikal bebas. Radikal bebas yang berkembang dapat merusak sel – sel sehat dalam tubuh. Makanan yang mengandung zat Flavanoid sangat bagus untuk melawan radikal bebas. Diantara makanan yang mengandung zat flavanoid (antioksidan) adalah wortel dan bawang putih. Beberapa makanan dibawah ini juga kaya antioksidan:

  • Kacang-kacangan seperti: kacang almond, kacang kenari, Kacang merah kecil, kacang merah dan kacang pinto kering adalah kacang yang kaya akan antioksidan.
  • Buah Berrie seperti: blueberry, blackberry, stroberi, raspberry, cranberry dan kismis merah, sangat kaya akan vitamin, antioksidan dan mineral.
  • Sayuran hijau seperti: Brokoli, kale, kubis brussel, kol, sawi hijau, dan lobak

3. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Salah satu Makanan Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi adalah makanan yang mengandung vitamin D, C, K, dan vitamin B12. Vitamin-vitamin tersebut sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang terutama sendi. Beberapa makanan yang mengandung vitamin diatas adalah:

  • Minyak ikan, ikan tuna, udang, biji bunga matahari, mentega dan bahan lainnya.
  • Mentimun, kubis, daun bawang, asparagus, selada, bunga kol juga banyak mengandung vitamin K.
  • Ikan Haring, kepiting, ikan salmon, kerang, ikan kod, keju adalah sumber vitamin B12.

 

Dalam menjaga sistem imun tubuh agar tidak terkena penyakit nyeri sendi seperti rematik. Konsumsilah makanan dan minuman yang sehat yang mengandung banyak anti oksidan. Sedangkan agar sendi tidak terkena asam urat yang berlebihan, hindarilah makanan yang mengandung banyak zat purin. Penyakit sendi seperti osteoarthritis dapat dicegah dengan perbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalsium.

Jika kebutuhan berbagai vitamin seperti vitamin D, E, B, dan kalsium tidak bisa dipenuhi dari makanan, maka suplemen bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kekurangan akan substansi tersebut. Salah satu suplemen yang baik untuk menjaga kesehatan sendi karena asam urat atau osteoarthritis (keropos sendi) adalah Triflex Capsule.

Salahsatu suplemen lainnya yang sangat efektif untuk mengobati asam urat, rematik, dan penyakit sendi lainnya adalah Obat Herbal Nyeri Sendi Qnc Jelly Gamat.

Terimakasih telah membaca artikel kesehatan yang berjudul Makanan Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi.

Baca Juga Artikel lainnya:

Cara Jitu Mengatasi Susah Tidur

Cara Menghilangkan Tumor Rahim Secara Alami

Cara Mengolah Cacing Tanah Untuk Obat Tipes

No Responses

Write a response