Makanan Pencegah Kanker Payudara

Makanan pencegah kanker payudara – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa pada tahun 2020 jumlah kasus  kanker payudara akan meningkat ke angka yang mengkhawatirkan, satu diantara delapan wanita berisiko tinggi terhadap penyakit kanker. Baca juga: Manfaat gula aren untuk diabetes

Makanan Pencegah Kanker PayudaraIndia Dewan Penelitian Medis (ICMR) juga, menyimpulkan bahwa selama dua dekade terakhir telah terjadi peningkatan tajam dalam statistik yang berkaitan dengan wanita yang didiagnosa menderita kanker payudara.

Kanker payudara telah dinyatakan bentuk paling umum dari kanker, hal ini melebihi dari kanker serviks, sebagai kanker yang paling mematikan.

Pemeriksaan secara dini untuk mendeteksi kanker adalah suatu hal yang wajib, tetapi pada saat yang sama penting juga untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang sehat yang mampu mencegah kanker.

10 Makanan Pencegah Kanker Payudara

Makanan pencegah kanker payudara – Tina Sapra seorang ahli gizi dari Fortis Memorial Research Institute dan Dr Vandana Mathur, ahli gizi konsultasi, Metropolis Kesehatan, Mumbai, memberi kita wawasan terhadap makanan apa saja yang dapat mencegah risiko kanker payudara pada wanita. Mereka juga mengungkapkan tentang kelompok usia yang paling rentan terhadap penyakit kanker payudara.

1. Biji rami

Biji rami mengandung omega-3, lignan, dan serat. Hal ini berguna untuk membentuk pelindung dari sel kanker penyebab kanker payudara. Sertakan rami untuk yogurt atau smoothie agar lebih kaya rasa dan manfaat. Anda dapat menambahkan minyak biji rami untuk salad atau makanan lainnya.

2. Kacang Brazil

Uniknya kacang brazil kaya selenium, serat, dan fitokimia. kacang Brasil dapat membantu melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pertumbuhan tumor.

3. Bawang putih

Bawang putih kaya sumber senyawa pelawan kanker yang disebut sebagai allium, bawang putih ditunjukkan untuk memperlambat pertumbuhan tumor dan mencegah risiko kanker payudara. Selain itu juga dapat mencegah kanker seperti kolorektal dan kanker prostat.

Untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai ramuan anti kanker. Cobalah mengkonsumsi satu siung bawang putih setiap hari.

4. Delima

Buah delima sangat dianjurkan untuk mencegah kanker payudara. Delima mengandung polyphenol dan asam ellagic dengan sifat anti-oksidan yang dapat mencegah pertumbuhan kanker. Sertakan buah lezat ini dalam diet Anda dan rasakan langsung manfaat kesehatan yang efektif.

5. Sayuran berdaun hijau

Seperti kangkung, sawi, bayam dan lobak Swiss. Sayuran berdaun hijau gelap mungkin dianggap sebagai sayuran biasa, akan tetapi sayuran ini mengandung nutrisi terbaik yang dibutuhkan tubuh untuk menangkis sel-sel kanker, yaitu serat, vitamin B, phytochemical , klorofil dan masih banyak lagi. Sekarang sudah saatnya untuk menambahkan beberapa sayuran untuk diet Anda.

6. Salmon

Merupakan sumber omega-3 dan vitamin B12 dan D. Salmon dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah kanker. Bahkan, beberapa jenis vitamin B12 (methylcobalamin) terbukti efektif dalam pengobatan kanker.

7. Brokoli

Brokoli kaya akan sulforophane dan indoles, yang ditunjukkan untuk mengatur pertumbuhan sel dalam berbagai cara dan membantu melawan berbagai kanker, termasuk kanker payudara, kandung kemih, limfoma, prostat dan kanker paru-paru.

8. Teh hijau

Konsumsi secara teratur teh hijau dapat mengurangi resiko kanker payudara. Kandungan bahan kimia alami dalam teh hijau juga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Satu sampai dua cangkir sehari teh hijau dapat membantu Anda menjaga kanker.

9. Paprika

Paprika hijau kaya akan klorofil yang dapat mengikat karsinogen penyebab kanker usus. Paprika merah memiliki keduanya capsaicin dan karotenoid antioksidan. Cobalah memasukan paprika dalam makanan anda, dan mulai menikmati hidup sehat anda.

10. Kunyit

Kunyit merupakan rempah-rempah yang biasa ditemukan sebagai penyedap rasa. Dalam kunyit, mengandung senyawa yang disebut curcumin yang mampu melawan kanker dan menghambat berbagai jenis sel kanker, termasuk payudara, pencernaan, paru-paru, dan kanker kulit. Baca juga: Manfaat kolagen untuk kesehatan

Beberapa Makanan Lain Yang dapat Membantu Mencegah Kanker Payudara

Beberapa diantaranya adalah makanan yang tinggi asam lemak omega-3, pitosterol alami dan antioksidan.

Berikut diantaranya:

  • Berries

Semua berries merupakan sumber yang kaya antioksidan dan fitokimia yang berperan dalam mengurangi oksidasi dan pembentukan sel kanker dalam tubuh. Tambahkan beberapa blueberry untuk sereal pagi Anda, menempatkan beberapa raspberry dalam yogurt, atau menikmati stroberi dengan sepotong coklat hitam untuk camilan.

  • Biji-bijian

Biji-bijian seperti quinoa, barley, gandum, bayam, beras merah, dan gandum, Kaya akan serat, vitamin dan mineral penting.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung folat (asam folat), serat dan sejumlah nutrisi yang mencegah risiko kanker.

Kelompok Usia Yang berisiko Tinggi Terhadap Kanker Payudara

Tina Sapra menjelaskan bahwa kanker payudara jarang terjadi usia (30-an), tapi wanita yang lebih muda cenderung memiliki kanker payudara lebih agresif dibandingkan wanita yang lebih tua. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa tingkat kelangsungan hidup lebih rendah di antara wanita yang lebih muda. Menurut American Cancer Society, 95 persen dari kasus baru dan 97 persen dari kematian akibat kanker payudara terjadi pada wanita berusia 40 tahun atau di atas. www.ganodermaasli.com

Makanan Pencegah Kanker Payudara

Makanan Pencegah Kanker Payudara | admin | 4.5